Behind The Keyboard : Hati & Cinta


Tulisan ini adalah self commentary untuk tulisan quote berjudul ‘Hati & Cinta’ yang ada di sini.


Iya, saya tahu kalau judul untuk quote itu terlalu spektakuler untuk tulisan yang hanya terdiri dari beberapa kata. Tapi tak apa.

Kalimat itu pertama kali saya dengar bertahun lalu, lupa tepatnya kapan. Dalam sebuah kajian kitab yang membahas tentang hubungan antar manusia. Jadi dalam kitab tersebut disebutkan tentang tips cara mengambil hati manusia yang akan kita dakwahi. Salah satu tipsnya adalah dengan berbuat baik dengan mereka. Meskipun awalnya dipandang sebelah mata dan di-buruksangka-i tapi teruslah berbuat baik pada mereka. Ini bukan hal yang ringan, berbuat baik tanpa apresiasi sama sekali bukan hal yang ringan.

Lama kemudian, saya kembali bersua dengan kalimat itu, kali itu dalam kitab yang membahas bagaimana pergaulan antara suami dan istri. Jika ingin membuat si dia semakin jatuh hati, maka berbaik-baiklah dengan si dia. Begitu.



shutterstock_145850423.jpg

Ada memori lain tentang quote ini, tentang sebuah cerita fiksi yang pernah saya baca, dulu. Love comedy. Dalam sebuah monolognya, sang heroine mengatakan dalam hati :

“Please don’t treat me like that, or I’ll fall in love with you.”

Wow. Entah mengapa, saat membaca itu yang terbersit dalam pikiran adalah kata “wow”. Subtle romance story at its finest. Membaca kisah cinta yang subtle itu menarik. Meskipun sekarang saya tidak tertarik lagi dengan cerita fiksi, tapi memori itu tetap menarik.

Mengapa menarik? Mungkin karena saya pernah mendapati cerita semacam ini di dunia nyata. Cinta di dunia nyata seringkali subtle, samar, nampak sedikit demi sedikit, tidak spektakuler dan heboh sebagaimana digambarkan di kisah-kisah cinta picisan. Bagaimana seseorang perempuan yang mau tidak mau harus jatuh hati pada temannya yang baik. Padahal si teman cenderung tidak terlalu peduli, cuek tapi baik. Hati manusia menarik untuk disimak. Menerjemahkan setiap gerakan-gerakannya butuh skill khusus. Saat anda bisa memahami hati dan membuatnya hanya tertarik dengan hal-hal yang baik, dunia akan tampak berbeda.

Hati memang tidak kuasa untuk tidak jatuh hati dengan orang yang baik. Dan hati manusia masih menyimpan banyak misteri. Usaha untuk memahaminya telah di-estafet dari generasi ke generasi sejak dari ribuan tahun yang lalu.

menarik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s