Voting

Sekelompok dokter spesialis jantung melakukan pungutan suara untuk menentukan treatment apa yang akan dilakukan untuk pasiennya. Masuk akal. Beberapa montir melakukan pungutan suara untuk mengambil keputusan tentang bagaimana mobil yang ada di bengkel itu akan dimodif. Masuk akal.

Voting alias pungutan suara adalah masuk akal ketika dilakukan oleh beberapa orang yang sama. Sama dan setara tingkat keilmuannya, setara dalam pengetahuannya mengenai masalah yang sedang ditangani. Ketika orang-orang yang sama setara ini berselisih untuk memutuskan sesuatu, diambillah cara pungutan suara. Masuk akal. Makes sense.

Sepuluh orang, dua orang adalah dokter spesialis jantung, tiga orang montir, satu orang guru TK, dan empat orang tukan ojek. Heterogen. Tidak setara. Melakukan voting untuk memutuskan treatment apa yang akan diberikan pada bapak tua yang jantungnya tengah bermasalah. Mengerikan. Jangan berharap sang bapak tua bisa terselamatkan jiwanya dengan hasil voting sepuluh orang itu.

Konyol. Jika voting dilakukan oleh orang-orang yang sama sekali tidak setara. Tak setara dalam tingkat keilmuannya dan tak setara dalam pemahamannya tentang masalah yang tengah dihadapi. Bagaimana mungkin pendapat satu orang dokter spesialis jantung mengenai pasien yang sakit jantung dianggap setara dengan pendapat tukang ojek mengenai pasien sakit jantung. Beliau, tukang ojek, sama sekali tidak memiliki kapabilitas dalam hal ini. Penyetaraan kekuatan suara voting adalah pelecehan terhadap ilmu sang dokter spesialis.

Lalu,

mengapa presiden kita dipilih lewat voting? masyarakat kita jelas-jelas heterogen tingkat keilmuannya dan pemahaman ketatanegaraannya. Mengapa?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s