Author Note

Sudah hampir satu bulan blog ini berjalan. Sekarang saatnya melakukan sesuatu yang agak hardcore. Jadi ini yang saya lakukan:

CaptureCapture1Capture2

Yup, saya mematikan notifikasi like untuk tulisan-tulisan di blog ini. Jadi jika ada yang menekan tombol like, saya tidak akan tahu. Lalu saya matikan juga notifikasi untuk like komentar. Dan yang terakhir, jumlah like tulisan di blog ini mulai sekarang tidak akan muncul di tampilan blog utama, hanya bisa terlihat melalui wordpress reader. Oh iya, saya juga mematikan notifikasi jika follower bertambah, jadi saya tidak akan tahu jika ada follower baru kecuali jika saya sengaja mengeceknya melalui statistik blog.

Alasannya adalah : tujuan awal blog ini dibuat adalah untuk menyalurkan apa yang ada di pikiran saya. Jika isi di dalam pikiran sudah dikeluarkan lewat tulisan maka kepala menjadi enteng rasanya. Blog ini juga menampung apa-apa yang pernah saya pelajari, karena tulisan adalah pengikat ilmu.

Karena itu, adanya like, follow dan notifikasinya saya rasakan lebih banyak mengganggu. Mengganggu niat dan tujuan awal lahirnya blog ini. Mengganggu fokus.

Jangan salah, saya pun seperti anda juga, senang jika tulisannya mendapat like, senang jika ada follower baru. Dan itu mengancam niat awal, mengalihkan niat ke mencari like dan follower sebanyak-banyaknya.

Tapi saya tidak ingin menjadi orang yang menulis demi mendapatkan like dan follower.

Tetap fokus dengan tujuan awal.

20 thoughts on “Author Note

    1. Nah ini kok aku banget ya.. πŸ˜‚ Mungkin selama ini pengaruh ke aku nya masih positif (biar termotivasi atau lebih rajin nulis) hehe. Jadi belum ke tahap mengganggu fokus.

      Like

  1. Gimana kalau semisal ngeluarin semua uneg” (isi pikiran) di blog trs jatuhnya nnti malah terkesan sarkas? Trs nanti d koment sama netizan? D judge yg jelek”? Dikatain ga punya akhlak dlm berbicara?

    Like

    1. Saya juga pernah :’) Duluu, dan masih membekas, jadi takut buat nulis uneg uneg, padahal dulu niat menulis itu buat negluarin uneg uneg. Sekarang mau gak mau, postingan kayak gitu saya privatisasi, ditulis di blog privat, atau ga ditulis sama sekali…

      Liked by 1 person

    2. Di pengaturan ada mbak, ada tiga pilihan : publik, tersembunyi, privat. Kalo tersembunyi ga diindex mesin pencari, kalo privat cuma bisa diliat kita sama pihak yang kita setujui

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s