InterneToilet Project

Beberapa bulan lagi sebelum dilangsungkannya pilkada, dan setahun lagi sebelum pemilu presiden. Belajar dari pengalaman tahun yang lalu-lalu, saat-saat seperti ini adalah saat di mana portal-portal berita kita di media massa maupun media sosial menjadi rese.

Rese karena penuh berita yang nyampah. Ada yang berusaha menjatuhkan yang lain. Ada yang berusaha pencitraan habis-habisan. Ada yang membesar-besarkan kejadian remeh untuk menjelek-jelekkan suatu pihak. Ada yang menutup-nutupi kejadian besar untuk menjaga citra pihak lain.

Ya bagaimana lagi, banyak aktor politik yang menguasai media massa. Banyak juga orang-orang yang dibayar untuk menyetir medai sosial.

Intinya: kacau. Dan keadaan kacau seperti ini akan terus berlangsung hingga tahun depan, Berdasarkan pengalaman, biasanya akan reda beberapa bulan setelah pemilu presiden. Jadi untuk menjaga ketenangan dan kejernihan hati, sekarang adalah saatnya puasa dari mengonsumsi produk para portal berita itu.

Untuk itu, saya menawarkan suatu proyek yang namanya interneToilet Project.

rect4485

Seperti namanya, proyek ini bertujuan untuk menganggap internet sebagai toilet. Anda pernah dengar nasehat analogi “gunakanlah internet seperti toilet, hanya dipakai jika benar-benar dibutuhkan, setelah hajat selesai maka segeralah keluar” ?

Jadi anda dapat menerapkan interneToilet project ini dalam hidup anda. Caranya adalah :stay away from the internet. Jauh-jauhlah dengan internet. Hanya buka internet saat anda benar-benar butuh. Dan bukalah tab browser yang dibutuhkan saja. Anda harus punya tujuan spesifik saat mengakses internet. Ingat, harus spesifik. Jika membuka facebook, maka anda harus punya tujuan spesifik apa yang hendak dilakukan. Jika membuka youtube harus ada tujuan spesifik tentang video apa yang akan ditonton.

Project ini bertujuan untuk menghapus mindless internet consumption alias browsing ga jelas. Hingga akhirnya pikiran anda menjadi korban. Korban para penebar berita hoax atau korban para aktor pencitraan atau korban para engineer yang berusaha membuat anda kecanduan dengan situs-situs buatan mereka.

Cobalah project ini barang sehari, jika anda terasa berat dan tidak mampu, well, ada berita buruk untuk anda: Kemungkinan besar anda sudah menjadi korban internet addiction. Konsumsi internet anda sudah berefek buruk pada sirkulasi dopamin di dalam otak. Buktinya, anda mengalami sakaw saat jauh dari internet.

Cara mengatasinya? Lakukan project ini terus menerus. Jika gagal. Coba lagi. Gagal lagi. Coba lagi. Nikmati sakaw-nya. Setiap pecandu butuh waktu untuk kembali normal.

2 thoughts on “InterneToilet Project

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s