Asal Tidak Ganggu

Manusia boleh berbuat semaunya, asalkan tidak mengganggu dan merugikan orang lain.”

Jangan sok ngatur, ini hidup-hidup gue!”

– – –

Saya yakin anda pasti pernah mendengar kata-kata seperti itu atau yang semakna dengannya. Bisa secara langsung di dunia nyata, atau tidak langsung di dunia maya.

Dua contoh di atas adalah kalimat yang merupakan buah dari pemikiran liberal yang menjunjung kebebasan. Dengan kata lain: tidak ingin dibatasi aturan-aturan yang mengikat. Baik norma masyarakat ataupun syariat agama.

Saya pribadi mulai sering menjumpai yang semacam ini di dunia maya. Mulai banyak yang menganut dan menganggapnya keren. Entah kenapa pemikiran ini dianggap sebagai bentuk kemodernan. Ketundukan terhadap norma dan syariat dianggap konservatif dan ketinggalan jaman.

Dan sekarang mari kita kritisi:

Manusia lepas dari aturan yang telah ada dan bebas menentukan jalannya sendiri. Saya akui konsep ini adalah konsep yang keren. Akan tetapi, konsep ini secara logika terikat oleh satu syarat. Manusia boleh lepas dari aturan dan menentukan sendiri jalannya jika dia memiliki pengetahuan yang sempurna.

Iya. Pengetahuan yang sempurna. Pengetahuan sempurna mengenai kehidupan ini, tentang benar dan salah, baik dan buruk, tentang yang besar dan kecil, tentang yang terlihat dan tak terlihat. Memiliki pengetahuan sempurna tentang relasi semua hal di atas, serta mengetahui dengan persis setiap sebab akibat.

Mengapa? Karena dengan pengetahuan yang sempurna dia bisa menjustifikasi setiap jalan yang diambilnya, bisa memastikan benarnya setiap tindakannya, sehingga dia layak lepas dari aturan & bisa membuat aturannya sendiri.

Analogi gampangnya: anda boleh menyetir tanpa menggunakan GPS dan peta asalkan anda kenal dan tahu persis daerah itu, sehingga anda dipastikan tak akan tersesat.

Jika asing dengan daerah itu, maka pakailah peta atau GPS atau tanyalah kepada orang yang tahu agar anda tak tersesat dan bisa sampai tujuan.

Logis kan?

– – –

(bersambung di sini)

One thought on “Asal Tidak Ganggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s